4 Makanan Khas Lombok Yang Lezat Dan Nikmat

Makanan khas Lombok

Halo pembaca Fitzroyjakarta, pada artikel sebelumnya kita sudah pernah membahas Pulau Lombok, namun kita membahas tempat wisata di Lombok. Padahal di Lombok juga banyak makanan khas Lombok yang lezat yang harus dicoba ketika mengunjungi pulau tersebut.

Makanan dari pulau Lombok terkenal dengan rasanya yang pedas namun memiliki rasa yang gurih dengan santan dan rempah sebagai bumbu bumbunya. Sehingga rasa pedas tersebut aken membuat para penikmatnya menjadi ketagihan.

Makanan Khas Lombok

Contoh makanan khas Lombok yang sudah banyak dimana mana adalah ayam taliwang, nasi balap, dan plecing kangkung. Pada artikel kali ini Situs IDN Poker akan membahas lebih banyak makanan khas Lombok.

  1. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang merupakan makanan khas Lombok yang sudah terkenal di Indonesia. Hampir semua rumah makan di kota kota besar Indonesia memiliki menu ayam taliwang ini. Ayam Taliwang menggunakan ayam kampung muda yang dibakar dan diberi bumbu yang berasal dari rempah rempah dan cabai merah. Makanan ini sangat cocok jika dihidangkan bersama nasi hangat.

Rempah rempah yang digunakan untuk membuat ayam taliwang diantara lain adalah bawang putih, cabai besar kering, cabai rawit, terasi, kemiri, dan garam. Rumah makan yang terkenal mempunyai masakan ayam taliwang yang enak berada di Jalan Gelatik No. 2B Cakranegara Barat, Mataram Kota, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, rumah makan Ayam Taliwang Khas Pak Udin dengan harga Rp. 40.000.

  1. Plecing Kangkung

Plecing Kangkung merupakan makanan khas Lombok yang berisi sayur sayuran kangkung yang sangat cocok sebagai pendamping makanan utama, seperti ayam taliwang atau makanan lainnya, akan lebih nikmat apabila dicampur dengan nasi hangat.

Untuk membuat plecing kangkung, kamu harus menyiapkan rempah rempah seperti garam, terasi, tomat, cabai rawit, dan jeruk limau untuk membuat sambalnya yang dicampurkan dengan kangkung yang telah direbus terlebih dahulu. Selain berisi kangkung, plecing kangkung juga bisa ditambahkan bahan lainnya seperti kacang tanah goreng, kacang panjang, urap, atau toge. Plecing kangkung memberikan rasa yang segar dan pedas untuk menambah nafsu makan.

Rumah Makan Kania II merupakan rumah makan yang mempunyai masakan plecing kangkung yang terkenal di Lombok. Rumah Makan Kania II berlokasi di Jalan Panca Usaha No. 22A, Cilinaya, Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Untuk membeli plecing kangkung kamu hanya merogoh kocek Rp. 7.000 saja.

  1. Nasi Puyung

Nasi Puyung merupakan makanan khas Lombok yang berasal dari Kampung Puyung, Lombok Tengah, NTB. Karena pembuat awal nasi puyung adalah Papuk Isum masyarakat kampung Puyung, maka dinamakan lah masakan ini nasi puyung. Nasi puyung memiliki rasa pedas yang menggoyahkan lidah pencicipnya. Nasi puyung berisi daging ayam suwir yang berbumbu pedas, udang rebon, sayur kacang panjang, abon, kentang goreng, dan kedelai.

Rumah makan terkenal yang menyediakan masakan nasi puyung yang lezat adalah Rumah Makan Nasi Balap Puyung Inaq Esun yang terletak di Lingkung Daya Puyung, Puyung, Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Kamu harus membayar Rp. 17.000 untuk membayar seporsi nasi puyung.

  1. Sate Pusut

Karena Lombok dan Bali mempunyai hubungan yang erat, tidak heran jika makanan khas Lombok mirip dengan makanan yang ada di Bali, seperti sate pusut ini. Sate pusut adalah sate yang menggunakan daging ikan yang dililitkan di tusuk sate. Namun, sekarang sudah banyak sate pusut yang menggunakan daging ayam dan daging sapi.

Anda mungkin juga suka...