Makanan Khas Daerah Indonesia

Makanan khas daerah Indonesia

Fitzroyjakarta – Makanan khas daerah Indonesia tidak melulu tentang rendang, sate ataupun soto. Banyak kuliner khas daerah yang patut untuk dicoba karena cita rasanya yang unik dan khas.

Ingin tahu apa saja makanan khas daerah Indonesia yang anti-mainstream? Yuk, simak artikel di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut!

Makanan Khas Indonesia Yang Paling Terkenal

Indonesia tak hanya terkenal akan keindahan alamnya namun juga keberagaman kulinernya. Makanan khas daerah Indonesia bahkan telah diakui dunia karena kelezatannya. Dan berikut 5 jenis makanan khas Indonesia yang wajib untuk Anda cicipi:

1. Gohu Ikan

Nama makanan khas Indonesia yang pertama adalah Gohu Ikan. Kuliner ini mungkin cukup asing di telinga Anda, tapi Gohu Ikan cukup populer di daerah asalnya yakni Maluku Utara.

Gohu Ikan adalah hidangan yang berupa ikan mentah seperti Sashimi, makanan khas Jepang. Biasanya, ikan yang digunakan untuk Gohu Ikan adalah ikan tuna merah atau ikan cakalang.

Cara pembuatannya cukup mudah yakni, ikan tuna atau cakalang dipotong dadu-dadu lalu diberi perasan lemon, garam dan kemangi. Umumnya, sebagian warga Maluku juga menambahkan tumisan bawang dan cabai yang dirajang agar terasa pedas.

Bila Daftar Agen Bola Terpercaya berkunjung ke Maluku Utara pastikan untuk mencoba kuliner unik ini!

2. Gulai Pisang

Bila gulai biasanya berbahan dasar daging sapi atau kambing, bagaimana rasanya bila pisang diolah menjadi gulai? Di Bengkulu ada gulai unik yang disebut Gulai Pisang yang pastinya menggunakan pisang sebagai bahan utamanya.

Selain pisang, dalam kuliner ini ada isian lainnya seperti lokan atau sejenis kerang hijau. Kedua bahan tersebut dimasak dengan menggunakan bumbu gulai dan santan yang gurih.

Tidak hanya itu, Gulai Pisang juga ditaburi kelapa goreng diatasnya.

Pisang dan lokan dalam gulai ini memiliki tekstur yang empuk dan lembut di mulut. Rasa rempah-rempahnya sangat terasa lezat dan nikmat.

Makanan ini sering dijumpai pada saat bulan puasa. Anda juga bisa menemukannya di restoran-restoran yang ada di Bengkulu.

3. Tempoyak

Jika umumnya buah durian diolah menjadi pancake durian, bagaimana rasanya bila durian diolah menjadi makanan seperti sambal? Di Jambi, durian digunakan sebagai bahan dasar kuliner unik bernama Tempoyak.

Tempoyak terbuat dari daging durian yang difermentasi hingga tujuh hari lamanya. Sebelum difermentasi, daging durian diberi bumbu dari cabai merah dan garam.

Karena difermentasi, aroma durian dalam tempoyak ini cukup menyengat. Tapi rasanya, sangat unik dan menggugah selera.

Umumnya, tempoyak dimasak dengan ikan patin atau ikan lainnya yang kemudian diberi bumbu lagi agar lebih nikmat.

4. Mandai

Makanan spesial dari daerah Indonesia lainnya yang patut Anda coba adalah Mandai. Makanan unik ini berasal dari daerah Kalimantan Selatan.

Mandai terbuat dari kulit buah cempedak yang diawetkan dengan garam. Setelah diawetkan, Mandai diolah menjadi hidangan lezat seperti Mandai Goreng.

Selain digoreng, Mandai juga biasanya dijadikan gulai atau dibakar. Tapi, yang paling populer adalah Mandai Goreng.

Mandai Goreng paling enak disantap dengan nasi panas dan sambal yang pedas. Rasanya yang asin dan gurih pasti membuat Anda ketagihan.

5. Pipis Kopyor

Pipis Kopyor adalah makanan khas Jawa Tengah yang enaknya tiada tara. Jajanan tradisional ini terbuat dari roti tawar sebagai bahan utamanya.

Untuk membuatnya, roti tawar diolah dengan kelapa muda, sagu mutiara dan pisang dan dipotong-potong. Lalu, semua adonan diletakkan di atas daun pisang, diberi kuah santan dan dibungkus rapat.

Setelah itu, baru dikukus kurang lebih selama 20 menit. Pipis Kopyor paling enak dimakan selagi hangat.

Teksturnya yang lembut serta rasanya yang manis dan gurih bisa membuat Anda ketagihan.

Wah, ternyata banyak makanan khas daerah Indonesia yang unik dan anti-mainstream ya! Kira-kira makanan mana yang ingin Anda coba?

Anda mungkin juga suka...