Makanan Khas Sulawesi Selatan

Makanan Khas Sulawesi Selatan

Makanan khas Sulawesi Selatan – Mencoba makanan khas Sulawesi Selatan coto Makassar mungkin sudah tak asing bagi Anda, tapi apakah Anda sudah pernah makan kuliner khas daerah tersebut yang berbahan pisang dan ketan? Sepertinya beberapa kuliner berikut ini wajib masuk daftar buruan Anda saat bertandang ke tanah kelahiran suku Bugis ini.

Makanan Enak Khas Sulawesi Selatan

Sejak dulu pisang menjadi salah satu buah yang sangat familiar di tengah masyarakat Sulawesi Selatan. Tak salah jika banyak makanan tradisionalnya yang dibuat dari buah berkulit kuning tersebut. begitu juga dengan ketan hitam dan ketan putih, ketika diolah oleh masyarakat setempat akan menjadi makanan yang lezatnya berlipat-lipat! Penasaran?

1. Es Pisang Ijo

Kita mulai dari makanan khas Sulawesi Selatan yaitu yang paling populer karena bentuk, tekstur dan rasa sempurnanya sebagai hidangan penutup. Bahan utamanya pisang jantan yang direbus, kemudian diberi balutan adonan beras putih yang diberi pewarna hijau. Jadi tampilan pisang menjadi hijau.

Untuk menyajikannya pisang akan disiram dengan sirup merah dan bubur sumsum, bagi yang suka kesegaran dan rasa dinginnya maka cukup tambahkan es batu yang sudah dihancurkan sebelum disantap. Rasanya merupakan perpaduan manis, gurih, dan tentunya bisa mengenyangkan perut.

2. Pisang Epe

Lanjut ke makanan khas Sulawesi Selatan Bugis selanjutnya yaitu pisang batu yang dipilihkan kemudian dibakar hingga kering. Setelah itu disajikan menumpuk dengan saus gula merah. Orang Makassar dan sekitarnya sangat suka pisang ini untuk teman minum kopi sore karena perpaduan manis dan gurih pisang akan sempurna di mulut bersama kopi setengah manis.

3. Barongko

Beda lagi dengan barongko yang merupakan cemilan basah berbentuk segitiga. Terbuat dari pisang yang dihaluskan kemudian diberi santan, gula, dan garam. Setelah menyatu baru dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. rasa manis dan legit akan membuat Anda ketagihan, biasanya satu orang bisa makan beberapa buah barongko karena sangat nikmat.

Baca juga: Makanan Khas Lombok

4. Pallu Butung

Mirip dengan es pisang hijau, hanya saja pisangnya tidak dibalut tepung beras tapi direbus hingga lunak. Penataannya adalah bagian paling bawah gelas diisi pisang, kemudian disiram dengan kuah tepung beras yang diberi santan. Setelah itu toppingnya adalah es serut plus sirup dan susu kental manis. Cocok untuk diminum siang hari saat udara panas.

5. Roko-roko Unti

Ini adalah bentuk lain dari barongko, makanan khas Sulawesi Selatan dan cara membuatnya sangat mudah. Yaitu dengan membuat dulu campuran tepung beras dengan santan, kemudian pisang hanya dipotong kecil dan dibalut dengan adonan tepung. Untuk finishing dibungkus dengan daun pisang lalu di kukus.

Cemilan ini sudah menjadi makanan tradisional yang melegenda, bahkan wajib disajikan ketika ada acara adat daerah setempat sebagai makanan pembuka sebelum acara dimulai.

6. Baje

Luarnya mirip dengan tampilan wajik dari tanah jawa, tapi isinya sedikit berbeda dimana beras ketan yang diberi campuran bahan lain dikukus dulu dan dipotong kecil-kecil. Setelah itu baru dibungkus dengan daun pisang, aroma daun pisang kering kemudian menyatu dengan aroma baje membuat rasanya semakin nikmat.

7. Gogoso

Merupakan ketan yang dibungkus daun pisang dan dibakar, rasanya sangat gurih dan biasa dipadukan dengan abon sapi untuk dimakan bersamaan. Menu ini juga sangat identik dengan masyarakat Sulawesi Selatan karena memadukan rasa gurih dan sedikit manis. Anda pasti penasaran untuk mencobanya.

Itulah daftar makanan khas Sulawesi Selatan yang terbuat dari bahan dasar pisang dan juga ketan. Jika Anda mau makan bersamaan juga tak masalah untuk mendapatkan sensasi pisang dan ketannya yang sangat ikonik, hanya ada di Sulawesi Selatan!

Anda mungkin juga suka...